Sabtu, 12 Mei 2012

MENCURI KEPINGAN WAKTU

Agenda Diskusi 23 Mei 2012

        Fotografi kini menjadi semakin mudah dengan kian majunya teknologi digital. Proses penguasaan teknik fotografi yang dulu membutuhkan waktu cukup lama, kini dapat dilalui dalam tempo yang relatif jauh lebih singkat. Ditambah lagi dengan semakin pesatnya pertumbuhan dunia jejaring sosial sebagai salah satu media yang paling populer untuk saling berbagi imaji. Orang semakin bersemangat memotret, untuk kemudian dibagi dengan teman-teman di dunia maya.

        Dari mulai foto kegiatan komunal, keseharian, makanan kegemaran, hewan peliharaan, acara nongkrong dengan teman, sampai jenis-jenis foto artistik dengan teknik mumpuni, semua dapat kita temui di internet. Jejaring sosial semacam Facebook, Twitter, deviantART, hingga Instagram yang baru-baru ini meroket popularitasnya, siap memfasilitasi para pengguna untuk mempublikasikan foto pada dunia.

        Kita berada dalam sebuah pusaran badai imaji. Bingkai-bingkai gambar menerjang penglihatan kita, nyaris tanpa kendali. Tiap orang kini bisa memotret sambil lalu, kemudian mempublikasikannya secara instan pada jejaring sosial mana saja yang dia hendaki. Lalu apa yang istimewa dari fotografi kini? Dalam bisingnya hiruk pikuk visual ini, apakah makna sekeping imaji?


Desiyanti Wirabrata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar